Home » » Macam-macam alat berat dalam konstruksi berdasarkan klasifikasi fungsional

Macam-macam alat berat dalam konstruksi berdasarkan klasifikasi fungsional

Dalam kegiatan konstruksi tidak akan terlepas dari alat-alat konstruksi untuk mendukung keberlangsungan suatu proyek. Dalam suatu proyek digunakan berbagai macam alat berat sesuai fungsinya masing-masing. Pada kesempatan kali ini helm-proyeku.blogspot.co.id  akan menguraikan kategori alat berat berdasarkan fungsional.
Alat berat dikategorikan dalam beberapa klasifikasi diantaranya klasifikasi fungsional dan klasifikasi operasional. Namun, pada kesempatan kali ini akan diurakain alat berat berdasarkan klasifikasi fungsional.
Klasifikasi fungsional alat adalah pembagian alat-alat berdasarkan fungsi-fungsi utama dari alat berat. Berdasarkan fungsinya alat berat dibagi sebagai berikut:
1. Alat pengolah lahan
2. Alat penggali
3. Alat pengangkut material
4. Alat pemindah material
5. Alat pemadat
6. Alat pemroses material
7. Alat penempat akhir material
Di bawah ini akan diurakan alat berat apa saja yang termasuk kedalam bagian di atas :
1. Alat pengolah lahan
- Dozer 
helm-proyeku.blogspot.co.id
Dozer adalah alat berat yang memiliki bagian berupa blade di bagian depan (pelat logam sebagai alat pendorong) dan rumah mesin penggerak/pengendali. Blade  bisa naik turun ke arah vertikal. Roda penggerak menggunakan rantai. Dozer berfungsi untuk mendorong material dalam jumlah besar lahan atau tanah
- Motor gradder
helm-proyeku.blogspot.co.id
Motor gradder memiliki bentuk seperti traktor yang memilki blade di bagian tengah. Motor gradder berfungsi sebagai perata bentuk permukaan tanah. Biasanya digunakan dalam proyek jalan untuk membuat kemiringan tertentu suatu ruas  jalan.
-Scrapper 
 helm-proyeku.blogspot.co.id

Scrapper berfungsi untuk mengikis atau mengangkat bagian  atas lapisan tanah. Dalam  mengolah lahan, alat ini digunakan apabila ada bagian permukaan tanah atau lapisan tanah  yang perlu dikikis 
2. Alat penggali
- Excavator
Helm-proyeku.blogspot.co.id

Excavator memiliki bagian berupa lengan (arm), bucket semacam mangkuk pengeruk dan bagian ruang kendali yang bisa berputar 360 derajat. Excavator memilki roda berupa rantai. Excavator berfungsi untuk menggali parit, lubang pondasi, membentuk lereng,dll
-Power shovel
helm-proyeku.blogspot.co.id

Power shovel baik digunakan untuk pekerjaan menggali tanah tanpa bantuan alat lain, dan sekaligus memuatkan kedalam truck atau alat angkut lainnya.
- Backhoe
helm-proyeku.blogspot.co.id
Backhoe sejenis excavator yang berfungsi sebagai pengeduk. Alat ini biasa digunakan sebagai alat pemindah tanah.
- Dragline
helm-proyeku.blogspot.co.id
Dragline merupakan jenis excavator yang menggunakan sistem pengeduk tarik, jadi dalam dragline terdapat tali baja penarik bucketnya.
- Clamshell
helm-proyeku.blogspot.co.id
Clamshell merupakan jenis excavator yang berfungsi sebagai pengeduk jepit. Clamshell memiliki buket yang bisa menjepit seperti kepiting untuk memindahkan material.
3. Alat Pengangkut material
- Dump truck
Dump truck berbentuk seperti truck pada umumnya. Fungsi dari dump truck yaitu untuk memindahkan material dari suatu tempat ke tempat lainnya.
- Truck mixer

helm-proyeku.blogspot.co.id

Truck mixer berbentuk seperti truck tetapi memiliki tabung dibelakng yang berfungsi untuk membawa beton segar. Truck mixer berfungsi untuk membawa adukan beton segar ke area proyek atau sebaliknya.
- Crane
 helm-proyeku.blogspot.co.id
Crane berbentuk seperti menara tinggi yang memiliki lengan yang berfungsi untuk menggantungkan material. Crane berfungsi untuk mengangkut material berjarak dekat dengan arah vertikal dan horizontal 

4. Alat pemindah material
 - Loader
helm-proyeku.blogspot.co.id

Loader adalah alat berat yang memilki bagian berupa bucket memanjang di bagian depan yang bisa bergerak ke arah vertikal, dan rumah mesin penggerak/penggali. Roda penggerak berupa roda karet. Loader berfungsi untuk memindahkan material dari atas permukaan tanah ke alat berat pengangkut.
-Dozer
helm-proyeku.blogspot.co.id
Dozer adalah alat berat yang memiliki bagian berupa blade di bagian depan (pelat logam sebagai alat pendorong) dan rumah mesin penggerak/pengendali. Blade  bisa naik turun ke arah vertikal. Roda penggerak menggunakan rantai. Dozer berfungsi untuk mendorong material dalam jumlah besar lahan atau tanah.
5. Alat pemadat
- Tamping roller
helm-proyeku.blogspot.co.id
Tamping rolelr memiliki roda baja yang pada permukaannya terdapat gigi-gigi. setiap roller atau rodanya memiliki lebar dan keliling yang bervariasi. Setiap unit alat pemadatan terdiri dari satu atau lebih roda. Tamping roller berfungsi untuk memadatkan tanah lempung atau campuran pasir dan lempung.
- Pneumatic tired roller
helm-proyeku.blogspot.co.id

Pneumatic tired roller memiliki roda-roda penggilas berupa roda karet yang di pompa (pneumatic).yang disusun selang-seling sehingga bagian yang tidak tergilas oleh roda depan akan tergilas oleh roda belakang. Pneumatic tired roller berfungsi untuk memadatkan tanah.
6. Alat pemroses material  
- Stone crusher
helm-proyeku.blogspot.co.id

Stone cusher merupakan alat berat yang digunakan untuk memecah batuan menjadi ukuran yang direncanakan.
7. Alat penempat akhir material
- Concreate spreader
helm-proyeku.blogspot.co.id

Concreate spreader merupakan alat yang digunakan untuk meratakan pasir, tanah, atau bebatuan pada lahan proyek. Pada saat meratakan material concreate spreader akan membatasi lahan yang hendak di ratakan dan berjalan lurus sesuai luas lahan yang akan di garap.
 - Ashpalt finisher
helm-proyeku.blogspot.co.id

Ashpalt finisher adalah alat yang digunakan untuk menghamparkan campuran aspal yang dihasilkan dari alat produksi aspal. Terdapat dua jenis ashpalt finisher yaitu crawler yang menggunakan roda kelabang dan jenis roda karet.
Itulah klasifikasi alat berat berdasarkan fungsional, kemungkinan masih banyak alat berat yang tidak teruraiakan dalam tulisan ini.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua
 
Thanks for reading Macam-macam alat berat dalam konstruksi berdasarkan klasifikasi fungsional

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

5 comments: