Home » » Mengenal jenis-jenis alat berat dalam proyek gedung

Mengenal jenis-jenis alat berat dalam proyek gedung


Mengenal jenis-jenis alat berat dalam proyek gedung- Dalam sebuah proyek konstruksi baik itu proyek pembangunan gedung, pelabuhan, jalan,dll. memerlukan alat berat yang berguna untuk membantu pekerjaan proyek tersebut terutama pembangunan yang luas , alat berat dalam bidang konstruksi bermacam-macam jenis dan fungsinya.
Pada kesempatan kali ini helm-proyeku.blogspot.com akan menguraikan apa saja jenis alat berat yang di pakai dalam proyek gedung. Alat berat yang dimaksudkan disini merupakan alat berat yang dipakai dalam pelaksanaan konstruksi gedung yang memerlukan alat berat dalam pelaksanaanya, meliputi pengolahan lahan, pemancangan,pengurugan,dsb.  jenis alat-alat konstruksi dalam proyek gedung diantaranya:
1. Alat pemancang tiang
2. Loader
3. Excavator
4. Tower crane
5. Dump truck
6. Truk mixer
7. Concreate pump
8. Scrapper
9. Shovel
di bawah ini akan diuraikan kegunaannya    
 1. Alat pemancang tiang

Alat pemancang tiang
 Alat pemancang tiang berguna untuk memasang pondasi tiang pancang beton kedalam tanah. Alat ini biasa dipakai dalam pembangunan gedung bertingkat, jembatan, atau penahan tanah yang memerlukan pondasi yang dalam. Contoh dari alat pemancang tiang ialah Pile drive Hammer.
2. Loader
Loader
Loader memiliki bucket besar yang mengarah ke depan dan menggunakan roda ban sehingga pergerakannya lebih mudah.dalam proyek gedung loader berguna untuk mengolah lahan yang akan didirikan bangunan gedung itu sendiri. meliputi memindahkan tanah, pengurugan, dll.
3. Excavator
Excavator memiliki bucket yang bisa digunakan untuk menggali, menggunakan roda besi sehingga baik utuk pergerakan di atas medan tanah yang cukup berat. Dalam proyek gedung,Excavator berguna untuk menggali tanah dan memindahkannya, penggalian bassement,dsb.
4. Tower crane

Tower crane berbentuk seperti menara yang mempuyai lengan untuk menjangkau area lokasi bahan-bahan material konstruksi. Tower crane dalam proyek gedung berguna untuk memindahkan barang material secara horizontal dan vertikal.Baik itu mengangkut bahan dari bawah ke atas atau memindahkan material di area datar.
5. Dump truck
Dump truck berbentuk seperti truck dengan roda ban, namun Dump truck memiliki bak angkut yang dilengkapi dengan sistem hidrolik sehingga bak yang berisi material dapat bergerak naik sampai pada kemiringan tertentu. Dump truck dalam proyek gedung berguna untuk mengangkut material alam seperti tanah urugan, kerikil, dsb ke area proyek ataupun sebaliknya.
6. Truck mixer
Truck mixer memiliki tabung yang dapat berputar yang berguna untuk membawa beton segar dengan roda ban. Truck mixer dalam proyek gedung berguna untuk mengangkut beton segar dari batching plant menuju lokasi proyek
7. Concreate pump
Concreate pump memililiki pipa-pipa besi yang berguna untuk menyalurkan adukan beton ke tempat yang tinggi. Concreate pump dalam proyek gedung berfungsi untuk menyalurkan/mendorong adukan beton ke tempat tinggi, misalnya pengecoran lantai 2 ke atas.
8. Scrapper
Scrapper memiliki bagian yang berfungsi untuk mengikis tanah. dalam proyek gedung scrapper berguna untuk memotong lereng tanggul, meratakan lahan,dsb.
9. Front Shovel


Shovel memiliki bucket di depan yang berfungsi untuk menggali. Shovel dalam proyek gedung  berguna untuk penggalian, penimbunan material dll.

Itulah beberapa alat berat yang digunakan dalam proyek gedung, dalam pelaksanaannya masih diperlukan alat pendukung lainya.

semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua


Thanks for reading Mengenal jenis-jenis alat berat dalam proyek gedung

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 comments: