Home » » Cara Mudah Membuat Format Daftar Isi Rapi Otomatis Di Ms Word

Cara Mudah Membuat Format Daftar Isi Rapi Otomatis Di Ms Word

Cara mudah membuat format daftar isi otomatis di Ms word. Pada saat kita membuat sebuah tulisan berbentuk buku, baik itu berbentuk makalah, laporan, proposal, skripsi dll. Kita biasa menempatkan sebuah halaman daftar isi di awal isi tulisan tersebut.
Tujuan dari penempatan daftar isi di awal halaman dimaksudkan supaya pembaca dapat dengan  mudah menemukan baik itu pembahasan materi pada setiap BAB ataupun sub BAB yang terdapat dalam tulisan tersbut. Dalam daftar isi menunjukan letak BAB 1, BAB 2, dst dan sub BAB pada setiap halaman tulisan.
Tujuan dari penempatan daftar isi juga supaya pembaca dapat dengan mudah mengetahui setiap judul apa saja yang di bahas dalam tulisan / buku tersebut secara keseluruahan.Supaya tulisan kita terlihat rapi, maka kita harus membuat format daftar isi yang baik dan rapi.
Salah satu cara supaya daftar isi kita terlihat rapi adalah membuat format daftar isi kita otomatis. Maksud dari daftar isi otomatis yaitu pada saat kita mengedit kerangka daftar isi tersebut kita tidak perlu mengubah-ubah letak posisi  karena kita sudah mengaturnya terlebih dahulu.
Dalam daftar isi bisanya terdapat sebuah titik-titik panjang dari ujung judul menuju angka halaman. Tujuan dari titik-titik panjang ini dimaksudkan supaya pembaca bisa dengan mudah menemukan angka halaman yang ingin dituju.
Perbedaan dari daftar isi otomatis dan manual salahsatunya terlihat dari penulisan titik-titik dalam daftar isi tersebut. Kalau kita membuat daftar isi secara manual kita biasa memberikan titik-titik panjang tersebut menggunakan tanda titik pada keyboard sehingga terlihat kurang rapih . Sedangkan apabila kita membuat daftar isi secara otomatis titik-titik panjang tersebut akan secara otomatis muncul pada saat kita menekan tombol Tab pada keyboard sehingga akan terlihat rapi dikarenakan kita sudah menentukan letak dari titik-titik tersebut.
Cara membuat daftar isi secara otomatis di MS. Word memang tidak terlalu sulit.Namun banyak pengguna MS.Word tidak mengetahuinya dikarenakan banyak orang yang tidak terlalu menghiraukannya serta banyaknya orang-orang yang menyediakan format daftar isi di internet yang sudah bagus sehingga kita dapat dengan mudah mengunduhnya kemudian menggantinya dengan BAB yang kita tulis.

Di bawah ini akan dijelaskan beserta gambar bagaimana cara membuat daftar isi secara otomatis pada Microsoft word secara otomatis.
1. Klik kiri dua kali tepat pada ruller untuk membuat tanda "L". Kemudian akan muncul kotak dialog Tabs seperti gambar di bawah ini. Lalu pilih Right dan pilih model None. seperti pada gambar;

helm-proyeku.blogspot.co.id
 2. Kemudian buat kembali tandah  "L" seperti langkah pertama di sebelah kiri tanda "L" sebelumnya. Kemudian akan muncul kotak dialog Tabs seperti gambar di bawah ini. Kali ini pilih Left kemudian pilih model titil-titiknya. Sehingga akan terdapat 2 tanda saling berhadapan.
helm-proyeku.blogspot.co.id
Langkah sekarang titik-titik panjang sudah bisa otomatis pada saat kita menekan tombol Tab pada keyboard seperti gambar di bawah.
Untuk membuat Indent / alinea sub bab 1.1, 1.2, 1.3 ,dst. Maka kita bisa membuatnya dengan cara: 
1. Klik kiri 2 kali pada rullerr. Kemudian kotak dialog Tabs akan mucul seperti gambar di bawah. Pilih Leff dan pilih model None. Cara seperti ini untuk membuat supaya pada saat kita menekan tombol Tab tidak langsung menjadi titik-titik dan kursor akan berpindah pada Aline baru.
Helm-proyeku.blogspot.co.id
2. Kemudian klik kiri 2 kali pada ruller untuk membuat tanda "L". Setelah kotak dialog Tabs muncul maka pilih Left dan mode None seperti langkah pertama. Cara ini untuk memberikan jarak yang rapi antara nomor sub BAB dan judul BAB. Kali ini sudah terdapat 2 tanda "L". Untuk mengatur jarak antara nomor Sub BAB dan judul kita bisa menggeser-gesrkan tanda "L" sesuai keperluan.

Apabila kalian ingin mendownload langsung kemudian mengedit format tabel yang sudah otomatis silahkan kunjungin link di bawah ini:
 
Itulah cara membuat daftar isi otomatis. Semoga penjelasan di atas bisa mudah dimengerti.
Semoga tulisan ini bermanfaat utnuk kita semua.
Salam sukses.
Thanks for reading Cara Mudah Membuat Format Daftar Isi Rapi Otomatis Di Ms Word

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment