Home » » Contoh prosedur praktikum berat jenis semen

Contoh prosedur praktikum berat jenis semen


https://helm-proyeku.blogspot.com
Salah satu praktikum yang di lakukan dalam perkuliahan jurusan teknik sipil yaitu pemeriksaan berat jenis semen. sesuai dengan judul praktikum ini yaitu bertujuan untuk menentukan berat jenis semen yang kita uji. Berat jenis semen merupakan perbandingan antara berat dengan volume. Di bawah ini merupakan contoh prosedur praktikum. Nah, bagi kalian yang sedang mencari reperensi atau yang sedang membutuhkan bisa disimak contoh laporan di bawah!



PEMERIKSAAN BERAT JENIS SEMEN
 1. TUJUAN PERCOBAAN
Pemeriksaan ini bertujuan untuk menentukan berat jenis semen. Berat jenis semen adalah perbandingan antara berat volume kering pada suhu kamar dengan berat volume air suling pada 4° C yang volumenya sama dengan volume semen.
2. PERALATAN
a. Timbangan dengan ketelitian 0,01 gr
b. Botol Le Chatelier
c. Talam
d. Corong
e. Paku

3. BAHAN
a. Semen Portland 24 gr.
b. Bensin Pertalite

4. PROSEDUR PERCOBAAN
  1. Persiapkan alat dan bahan yang diperlukan;
  2. Isi botol Le Chatelier dengan bensin pertalite sampai 250 ml, kemudian bagian dalam botol di atas permukaan cairan dikeringkan;
  3. Masukan botol ke dalam bak air dengan suhu yang ditetapkan pada botol suhu +- 20° C untuk menyamakan suhu cairan dalam botol dengan suhu yang ditetapkan pada botol;
  4. Setelah suhu cairan dalam botol sama dengan suhu yang ditetapkan pada botol, kemudian baca skala pada botol (V1);
  5. Masukan semen portland sebanyak 64 gr, sedikit demi sedikit ke dalam botol. Hindarkan penempelan semen pada dinding dalam botol di atas cairan
  6. Setelah semua benda uji dimasukan, putar botol dengan posisi miring secara perlahan-lahan sampai gelembung udara tidak timbul lagi pada permukaan cairan.
  7. Ulangin pekerjaan pada point (e) dan (f) setelah suhu cairan dalam botol sama dengan suhu yang ditetapkan pada botol. Kemudian baca skala pada botol (V2)

5. PERHITUNGAN
Berat Jenis = (Berat Jenis )/((V2-V1))/ ƴair
Dimana :
V1    : Pembacaan Skala pada botol ke-1
V2    : Pembacaan Skala pada botol ke-2
(V1-V2)    : Isi cairan yang di pindahkan oleh semen dengan suhu berat tertentu
Ƴ    : Berat isi air pada suhu 4° (1 gr/cm³)

6. TABEL ISIAN PRAKTIKUM
https://helm-proyeku.blogspot.com

7. KESIMPULAN
Dari hasil praktikum yang telah dilaksanakan dii atas diperoleh berat jenis semen sebesar 2,963 ml. Hasil tersebut di dapat dari perbandingan antara berat semen dengan volume zat cair 1 - volume zat cair 2.


Nah itu merupakan contoh prosedur cara melaksanakan pemeriksaan berat jenis semen. Dengan catatan bahwa praktikum tersebut dilaksanakan dengan seadanya. Bagi kalian yang membutuhkan bisa dijadikan referensi.
Semoga tulisan di atas bisa bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada kesalahan baik dalam prosedur ataupun perhitungan bisa kalian tuliskan di komentar di bawah, supaya saya bisa memperbaikinya!.

Thanks for reading Contoh prosedur praktikum berat jenis semen

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment