Home » » Arti warna-warna helm safety

Arti warna-warna helm safety


Apabila kita mengunjungi sebuah proyek baik itu pembangunan sebuah, perumahan gedung, jembatan, ataupun konstruksi lainnya, kita sering melihat berbagai macam warna helm proyek atau helm safety yang digunakan oleh para pekerja di area proyek ataupun orang yang berada di sekitar proyek tersebut.
warna-warna dari helm tersebut menandakan apa jabatan yang dimiliki oleh si pemakai, meskipun pada kenyataannya tujuan dari pemakaian helm keselamatan tersebut untuk menghindari benda-benda yang jatuh dari atas pembangunan supaya tidak terkena langsung kepada kepala para pekerja.
warna-warna dari helm safety juga di buat berbagai warna biasanya dengan warna yang mencolok dengan harapan supaya para pekerja proyek yang memakai helm dapat terlihat jelas apabila ada kendaraan ataupun alat konstruksi yang mau lewat. Warna dari helm safety diantaranya warna putih, biru, hiaju, kuning, orange, pink,  dan warna merah.
Di bawah ini akan diuraikan arti dari warna-warna helm safety beserta jabatan pemakai.

1. Helm safety warna putih 
 
Helm ini biasa dipakai oleh para manager proyek, pengawas, para insinyur dan mandor, atau orang yang bertanggung jawab dalam proyek tersebut. 

2. Helm safety warna biru 

Helm warna ini biasa dipakai oleh para konsultan teknik proyek tersebut. orang yang mengerti desain, perhitungan struktur, dan hal-hal yang berhubungan dengan keteknisan lainnya. 

3. Helm safety warna hijau 

Helm warna ini biasanya dipakai oleh para pengawas lingkungan. 

4. Helm safety berwarna kuning 

Helm safety ini biasanya dipakai oleh para buruh/pekerja umum dari proyek tersebut. helm warna ini paling banyak digunakan karena warnanya yang mencolok sehingga memudahkan apabila ada kendaraan yang lalu lalang di 
sekitar proyek. 

5. Helm safety berwarna orange 

Helm warna ini biasanya dipakai oleh para tamu perusahaan yang datang melihat atau meninjau lokasi proyek. 

6. Helm safety berwarna pink 

Helm warna ini biasanya dipakai oleh para pekerja baru atau anak-anak yang magang.

7. Helm safety berwarna merah 

Helm warna ini biasanya diapakai oleh para safety officer yang bertanggung jawab untuk memeriksa sistem keselamatan dari suatu proyek apakah tersudah terpasang dan berfungsi sesuai standar yang telah ditentukan atau belum.


Itulah warna-warna helm safety beserta jabatan dari pemakai, sebagai wawasan apabila kita mengunjungi sebuah proyek.

semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua
salam helm-proyeku.blogspot.co.id
sumber referensi: 
https://www.kaskus.co.id/thread/57c38e7b1ee5df886f8b456c/arti-dari-warna-pada-helm-proyek/  
Thanks for reading Arti warna-warna helm safety

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment