Home » » Bahan - bahan konstruksi secara umum

Bahan - bahan konstruksi secara umum


Dalam kegiatan konstruksi baik itu pembangunan perumahan, gedung, jembatan, bandara, pelabuhan  dan bangunan konstruksi lainnya dibutuhkan bahan-bahan atau material bangunan sebagai dasar pembuatan banguan tersebut. Untuk medapatkan material yang berkualitas maka perlu dipertimbangkan kelebihan dan kekurangan atas setiap material yang akan digunakan supaya bangunan yang akan di bangun bisa berdiri kokoh dan terjamin kualitasnya. Pada kesempatan kali ini helm-proyeku.blogspot.co.id akan menguraikan  Secara umum apa saja bahan-bahan konstruksi yang sering digunakan dalam kegiatan konstruksi.
Bahan-bahan konstruksi secara umum meliputi:
1. Kayu
2. Kapur
3. Semen portland
4. Agregat
5. Beton
6. Baja
7. Bata merah
Di bawah ini akan diuraikan material-material di atas

1. Kayu
Kayu merupakan salahsatu bahan material yang banyak disukai, atas berbagai pertimbangan kekuatan maupun kemudahan dalam proses pengerjaan serta berbagai kelebihan yang dimuliki kayu. Dari aspek kekuatan kayu cukup kuat dan lumayan kaku walaupun material kayu tidak sepadat material  beton. Dalam pengerjaan konstrukri kayu mudah dikerjakan, dipotong, disambung dengan alat yang relatif sederhana.Selain itu, karena kayu merupakan berasal dari alam sehingga ayu bisa di daul ulang serta ramah lingkungan 

2. Kapur

Kapur merupakan salahsatu material bahan bangunan yang cukup penting. Penggunaan kapur sudah dipakai pada zaman mesir kuno yang di paka untuk memplester bangunan. Sekaran kapur dikenal sebgai bahan ikat, dalam pembuatan tembok, pilar, dan sebagainya .
Pemakaian kapur dalam konstruksi diantaranya sebagai bahan ikat pada mortar, sebagai bahan ikat pada beton. Bila dipakai bersama-sama semen portland sifatnya menajdi lebih baik dan dapat mengurangi kebutuhan semen portland, sebagai bahan ikat pada mortar, sebagai bahan pemutih. 

3. Semen portland

Semen adalah suatu bahan perekat hidrolis berupa serbuk berwujud halus yang dapat mengeras apabila tercampur dengan air. Semen terdiri dari batu kapur/gamping yang mengandung kalsium oksida (CaO), tanah liat (lempung) yaitu mengandung silika oksida (SiO2), alumunium oksida (Al2O3), besi Oksida(Fe2O3) dan gips yang berfungsi untuk mengontrol pengerasan. Dalam konstruksi semen meupakan salah satu bahan pokok dalam campuran beton.  
4. Agregat

Agregat adalah sekumpulan butir- butir batu pecah, kerikil, pasir, atau mineral lainnya baik berupa hasil alam maupun buatan (SNI No: 1737-1989-F). Agregat adalah material granular, misalnya pasir, kerikil, batu pecah yang dipakai bersama-sama dengan suatu media pengikat untuk membentuk suatu beton semen hidraulik atau adukan.
-Agregat digolongkan menjadi tiga  kelompok -Batu, untuk besar butiran lebih dari 40 mm
-Kerikil, ukuran butiran antara 5 mm-40 mm
-Pasir, untuk butiran antara 0,15 mm – 5 mm
-Silt , untuk butiran lebih kecil dari 0,15 mm

5. Beton

Beton adalah suatu campuran material yang terdiri dari agregat baik itu pasir ataupun kerikil, yang dicampur menjadi satu menggunakan bahan perekat yang terbuat dari semen dan air untuk membentuk suatu masa mirip batuan padat. Dalam konstruksi beton sangat berpengaruh besar, diantaranya sebagai pembuatan kolom, pelat lantai,dinding,dsb. 

6. Baja

Baja merupakan perpaduan antara besi (Fe) dan karbon (Ca)  dengan kandungan tertentu. Dlam konstruksi baja banyak digunakan dalam pembuatan struktur rangka bangunan, beton bertulang baja, pelat, rangka baja ,Contohnya pembuatan jembatan baja.     

7. Bata merah


Bata merah atau lebih sering disebut dengan batu bata merupakan bahan bangunan yang terbuat dari tanah liat yang telah dicampur dengan sekam padi kemudian di cetak menggunakan cetakan yang setelah itu dikeringkan dengan sebua tungku pembakaran.penggunaan bata merah sudah lama dipakai oleh masyarakat sebagai bahan konstruksi. Penggunaan bata dalam konstruksi diantaranya untuk pembuatan dinding-dinding bangunan. Kelebihan menggunakan bata merah diataranya karena pemasangannya yang relatif cepat .

Sekian semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua
www.helm-proyeku.blogspot.com




 
Thanks for reading Bahan - bahan konstruksi secara umum

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment