Home » » Apa saja spesialis/cabang jurusan Teknik Sipil

Apa saja spesialis/cabang jurusan Teknik Sipil



Teknik sipil merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang suatu bangunan, membangun, merenovasi tidak hanya gedung melainkan juga infrastruktur yang berguna bagi kehidupan masyarakat pada umumnya.
Kali ini akan diuraikan beberapa spesialis atau cabang-cabag dari kuliah jurusan teknik sipil, maksudnya ke jenjang yang lebih fokus dari kuliah teknik sipil,cabang itu diantaranya:
1. Struktural
2. Rekayasa Geoteknik
3. Managemen konstruksi
4. Hidrologi
5. Teknik lingkungan
6. Transportasi
7. Informatika teknik Sipil
Penjelasan masing-masing spesialis

1. Struktural


Cabang teknik sipil yang mempelajari struktur materi yang dipergunakan dalam suatu bangunan, material dari pembangunan itu misalnya, baja, kayu, beton, dll. Dalam ilmu struktur dipelajari sifat-sifat dan karakteristik setiap material yang akan digunakan,sehingga didapatkan material apa saja yang cocok dengan bangunan yang akan di buat sesuai rancangan yang telah di buat. Dalam struktural dipelajari lebih mendalam hal- hal yang berkaitan dengan perancangan dan pembangunan struktur bangunan, baik itu gedung, jalan, jembatan, bendungan, dll.
2. Rekayasa Geoteknik


Cabang teknik sipil yang mempelajari sifat-sifat dan karakteristik tanah dalam menopang suatu bangunan yang akan dibanguna diatas lahan tersebut. Pengamatan dilakukang dengan cara melihat langsung ke lapangan di dukunga dengan pengujian sampel di laboratorium.
3. Managemen konstruksi

 
Cabang dari Teknik Sipil yang mempelajari masalah pelaksanaan dan kinerja dalam proyek konstruksi yang berkaitan dengan pendanaan, penjadwalan, pekerjaan proyek, metode pelaksanaan, mengkoordinasi kegiatan dan semua hal yang berhubungan dengan masalah perizinan mendirikan proyek, agar proyek dapat selesai sesua jadwal yang telah ditargetkan.
4. Hidrologi

Cabang dari Teknik Sipil yang mempelajari air pergerakan air, distribusi air, curah hujan debit sungai, cuaca, pengairan lahan irigasi dan kualitas air di suatu daerah atau di seluruh bumi, termasuk hidrologi dan sumber daya air.
5. Teknik Lingkungan


Cabang dari Teknik Sipil yang mempelajari hal-hal yang berkenaan dengan lingkungan, permasalahan yang ada di suatu daerah atau lingkungan. Meliputi penyediaan air bersih, pengelolaan limbah air kotor, penanggulangan pencemaran aliran sungai, dll
6. Transportasi


Cabang dari Teknik Sipil yan mempelajari mengenai sistem transportasi, rekayasa lalulintas. Termasuk di dalamnya konstruksi dan pengaturan jalan raya, konstruksi bandara, terminal, stasiun dan rel kereta api.
7. Informatika teknik sipil


Cabang dari teknik sipil yang mempelajari penerapa teknologi komputer dalam keperluan teknik sipil meliputi proses permodelan, perhitungan dan penggambaran dalam proyek dan penelitian. Contohnya pengecekan gaya reaksi menggunakan program aplikasi SAPP, permodelan desain bangunan menggunakan program Auto Cad, Google sketchup.dsb


Itulah tujuh cabang dari jurusan teknik sipil, kita bisa memilih slah satu cabang yang cocok
atau kita minati.
Semoga artikel ini bermanfaat unutk kita semua
Thanks for reading Apa saja spesialis/cabang jurusan Teknik Sipil

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 comments: