Home » , » Pengenalan jurusan Teknik Sipil

Pengenalan jurusan Teknik Sipil

 

Di jenjang perguruan tinggi di indonesia terdapat berbagai program studi salah satunya adalah Teknik Sipil atau bahasa lainnya Civil Engineering, bahkan ada beberapa sekolah menengah kejuruan yang membuka jurusan ini. Mengenai Jurusan Teknik sipil, banyak anggapan yang beredar di masyarakat sekitar kita yang menganggap bahwa Teknik Sipil itu sama dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS), dikarenakan adanya kalimat Sipil di akhir, tentu saja itu anggapan yang kurang benar.
Selain itu, ada juga yang menganggap bahwa teknik sipil sama dengan arsitek karena sama-sama membangun rumah atau gedung. Berikut ini pertanyaan yang kerap kali muncul di masyarakat:
1. Apa itu jurusan Teknik Sipil?
2. Apa saja yang dipelajari di jurusan Teknik Sipil
3. Gelar apa yang di dapatkan setelah lulus
4. Kerjanya nanti dimana?
5. Apakah kuliahnya susah?
Pertanyaan tersebut juga banyak muncul dari anak-anak SMP (Sekolah Menengah Pertama) yang mau melanjutkan ke SMK jurusan Teknik Sipil atau dari anak-anak SMA maupun SMK yang sedang bingung mau memilih jurusan apa ketika hendak mau melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi, bahkan para orang tua yang mau menyekolahkan anaknya ke tingkat perguruan tinggi.
Dalam pemilihan jurusan memang terkadang membuat kita bimbang dan bingung, hendaknya jurasan apa yang akan kita ambil dan geluti nanti, karena kita tidak akan mau belajar dengan terpaksa karena kita salah pilih jurusan.
Pada kesempatan ini akan dibahas seperti apa teknik sipil di bangku kuliah, semoga para lulusan SMA maupun SMK bisa mendapat pencerahan berupa gambaran mengenai jurusan Teknik Sipil, maupun untuk para orang tua yang kebingungan memilihkan jurusan yang terbaik untuk anaknya semoga mendapatkan sedikit pencerahan .
sebelum membahas lebih jauh mengenai jurusan teknik sipil alangkah baiknya kita terlebih dahulu melihat pengertian Teknik Sipil menurut Wikipedia berikut ini.
Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga komputer mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar.
Dari pengertian diatas bisa kita lihat bahwa jurusan Teknik Sipil termasuk kedalam bidang Teknik, dimana dalam jurusan ini mempelajari bagaimana cara merancang dan membangun suatu bangunan tidak hanya membangun rumah dan gedung saja, melainkan Infrastruktur yang berguna bagi kelangsungan hidup masyarakat.
Di bawah ini kita akan sedikit uraikan pertanyaan pertanyaa di atas:

1. Apa itu jurusan Teknik Sipil?
Seperti dari pengertian Wikipedia di atas bahwa Teknik Sipil itu mempelajari bagaimana mendesain, merencanakan,mengelola dan membangun konstruksi sebuah bangunan baik itu berupa gedung-gedung di perkotaan maupun infrastruktur lainnya yang menunjang hidup masyarakat pada umumnya.
Jadi, maksudnya para lulusan teknik sipil/Civil Engineering/Isinyur Sipil di didik untuk mengelola, memelihara, membangun, sebuah fasilitas publik atau umum baik itu bangunan negeri maupun para pengusaha swasta yang membutuhkan jasa lulusan Teknik Sipil. Fasilitas-fasilitas publik itu misalnya jalanan umum ,jalan raya, jalan tol, bendungan, sistem drainese, sistem irigasi, jembatan, terowongan, konstruksi jalan rel, bandara, dermaga, dan masih banyak lagi. Jadi dalam pembelajarannya kuliah teknik sipil banyak melakukan perhitungan-perhitungan bagaimana mendesain konstruksi sebuah gedung, bahan jenis apa saja yang cocok untuk membangunnya, biaya pembangunannya berapa, managemen proyeknya gimana, proses pelaksanaannya bagaimana,dll

2. Apa saja yang dipelajari di jurusan Teknik Sipil?
dalam kuliah teknik sipil kebanyakan matakuliah mempelajari perhitungan-perhitungan, diantaranya berupa matematika rekayasa, fisika, mekanika teknik,dll tergantung SKS yang diadakan di tiap univesitas mungkin berbeda dalam penamaanya. namun pada intinya mempunyai kesamaan perhitungan matematika kebanyakan. Adapun materi utama dari jurusan Teknik Sipil yaitu :
1. Matematika teknik    
2. Mekanika teknik/mekanika rekayasa 
3. Analisa struktur        
4. konstruksi baja          
5. konstruksi beton 
6. konstruksi kayu
7. teknik pondasi
8. Hidrologi
9. dan Informatika sipil.
10. Teknik rekayasa gempa
11. Dinamika struktur, 
12. Managemen konstruksi 
13. Bangunan air 
14. hidrolika

awal perkuliahan diantaranya mata kuliah matematika rekayasa, mekanika teknik berupa cara menganailis struktur, pengetahuan mengenai konstruksi sipil, gambar teknik, bahasa Inggris dan masih banyak lagi.

3. Gelar apa yang di dapatkan setelah lulus?
lulusan Teknik sipil/Civil Engineering atau dahulu disebut Insinyur sipil mendapatkan gelar seperti kebanyakan lulusan S1 (Strata Satu) teknik diIndonesia yaitu mendapatkan gelar .ST (Sarjana Teknik). Gelar .ST ditulis diakhir nama lengkap.

4. Kerjanya nanti dimana?
Manfaat yang bisa diambil oleh Seorang lulusan teknik sipil ialah bahwa pembangunan tidak akan pernah berhenti, terus menerus bahkan akan terus bertambah.baik itu berupa pembanguan perumahan, gedung, sarana infrastruktur berupa jalan raya, maupun fasilitas-fasilitas umum lainnya,ataupun pemeliharaan bangunan yang sudah ada yang akan terus berjalan. Dengan permasalahan seperti itu berarti jasa Konstruksi akan banyak dibutuhkan oleh berbagai pihak yang membutuhkan. Sehingga lulusan sarjana sipil sangat diperlukan setiap tahunnya, baik oleh masyarakat maupun negara yang membutuhkan jasa konstruksi.
Selalin itu lulusan Teknik Sipil juga bisa bekerja menjadi seorang kontraktor proyek pembangunan, Konsultan, pengawas proyek, peneliti, ataupun bergabung dengan salahsatu perusahaan konstruksi di Indonesia misalnya saja Wijaya Karya (WIKA) ,Pekerjaan Umum (PU),dll
Kesempatan ini akan sangat cocok untuk orang yang berkeinginan untuk bergabung membangun negara Indonesia.
Oleh karena itu permintaan lulusan teknik sipil terus meningkat apabila terus meningkatnya volume pekerjaan dan Industri pada khususnya.

5. Apakah kuliahnya susah?
Kuliah Teknik Sipil menurut saya bisa dikatakan mudah bisa juga dikatakan susah, tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Namun hal tersebut tergantung dari keseriusan kita dalam belajar . Namun yang perlu di garis bawahi bahwa jurusan Teknik Sipil memang benar banyak melakukan perhitungan dan analisis sehingga matematika kita harus lumayan kuat. Hal tersebut wajar karena lulusan Teknik sipil harus memikirkan banyak faktor dalam proses desain bangunan, dari mulai bahan material konstruksi yang dibutuhkan, cara pelaksanaan konstruksi,managemen proyek , hingga anggaran biaya yang dibutuhkan termasuk dampak terhadap lingkungan sekitar apabila proyek tersebut dilaksanakan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jurusan Teknik Sipil, yang bisa diakatakan sedikit dan tidak terlalu lengkap, tapi kalau dibahas dengan panjang lebar akan sangat panjang.
semoga uraian diatas bisa memberi sedikit gambaran mengenai jurusan Teknik sipil untuk para lulusan SMA maupun SMK yang hendak melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi.
Sekian dan semoga bermanfaat




salam dari
sumber reperensi:
     http://wikipedia/pengertian_teknik-sipil

Thanks for reading Pengenalan jurusan Teknik Sipil

« Previous
« Prev Post
Oldest

2 comments:

  1. Eta Terangkanlah Jurusan Teknik Sipil dan Teknik Militer ?

    ReplyDelete
  2. Mantap dah gan materinya semoga materinya bermanfaat, buat temen - temen teknik sipil jangan lupa mampir ke www.sarilmu.blogspot.com untuk memahami materi - materi yang mungkin belum ada di blog ini. terimakasih

    ReplyDelete