Home » » Perbedaan Bendungan dan Waduk

Perbedaan Bendungan dan Waduk

Pada kesempatan kali ini helm-proyeku.blogspot.com akan menguraikan secara singkat perbedaan antara bendungan (dam) dan waduk (reservoir). Penulisan ini dilatarbelakangi supaya kita bisa mengetahui apa pengertian bendungan dan waduk, adakah perbedaanya. Di bawa ini akan di uraikan pengeritan serta perbedaanya. 

1. Bendungan (dam)
Bendungan merupakan sebuah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, ataupun tempat rekreasi. seringkali bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air untuk menggerakan turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Bendungan memiliki bagian yang disebut dengan pintu air yang digunakan untuk mengalirkan air yang tidak diperlukan secara bertahap. Fungsi bendungan diantaranya sebagai pembangkit listrik, untuk menstabilkan aliran air/ irigasi, untuk mencegah banjir, untuk bangunan pengalihan.
2. Waduk (reservoir)
Waduk Adalah danau Alam atau buatan, kolam penyimpan atau pembendung air sungai yang bertujuan untuk menyimpan atau mengumpulkan air sungai di suatu tempat yang dinamakan waduk danau. Pada intinya waduk ialah tempat yang digunakan untuk menampung kelebihan air saat terjadi kelebihan air / musim penghujan sehingga air dapat dimanfaatkakn pada musim kering. Sumber air terutama dari aliran sungai di tambah air hujang langsung yang menghujani waduk itu sendri
3. Perbedaan Bendungan dan Waduk
Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini

helm-proyeku.blogspot.com

Perbedaan Bendungan dan Waduk yaitu, Bendungan adalah konstruksi yang di buat untuk menampung air menjadi waduk atau danau, sedangkan waduk adalah genangan air yang tertampung atau terkumpul karena adanya konstruksi bendungan ataupun secara alami tanpa bendungan.


Thanks for reading Perbedaan Bendungan dan Waduk

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment